secuil kertas di Benua Biru

when a piece of words has drowned...

selamat datang di dunia kecil saya :)



selama 19 tahun aku bernapas , melihat dunia, mensyukuri hidup dan belajar di alam.. ada 1 hewan binatang kewan animal yang paling aku takutin...
apa itu ??
temen temen pasti taulahh..
T O K E K !!

yaahh, hewan itulah yang paling bikin aku gemeteran, bulu kuduk berdiri semua bahkan bikin aku histeria gag bisa ngapa-ngapain.. :(
orang bilang gejala kayak gitu tuh disebut sama
 fobia. apa itu fobia ??


ini niihh... menurut wikipedia
Fobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Dalam keadaan normal setiap orang memiliki kemampuan mengendalikan rasa takut. Apabila penderita fobia secara tidak sengaja atau terpaksa bersinggungan dengan obyek yang ditakuti, maka akan terjadi reaksi panik, cemas, gemetar, nafas pendek dan cepat, jantung berdebar, keringat dingin, ingin muntah, kepala pusing, badan lemas, tidak mampu bergerak, atau bahkan sampai pingsan.
Pada kasus fobia yang lebih parah, gejala kecemasan yang sangat hebat selalu menyertai penderita. Penderita akan terus-menerus merasa takut walaupun disekitarnya tidak ada obyek yang ditakutinya. Perasaan cemas bisa muncul hanya dengan membayangkan atau mengingat obyek yang ditakuti. Fobia terjadi karena pikiran bawah sadar kita salah memberi arti terhadap peristiwa traumatis yang menyebabkan fobia. Jadi tidak perlu malu atau merasa rendah diri apabila temen-temen menderita fobia. :DD
Media atau cara menyembuhkan fobia itu macem macem. Tapi yang perna aku dengaer sihh :
1. terapi musik
Terapi Musik ini dirancang untuk membantu mengatasi rasa takut yang berlebihan dan tidak wajar, atau yang sering disebut sebagai fobia. Jika temen-temen merasa punya ketakutan yang berlebihan pada suatu benda, suatu keadaan, suatu binatang, suatu tempat, takut naik pesawat, takut ketinggian, takut pada jepitan rambut atau apapun yang oleh sebagian besar orang dianggap tidak menakutkan maka bisa peke media ini.
Niihh, lainnya menurut http://edso.web.id:
1. Hipnoterapi
Hipnoterapi adalah suatu teknik terapi pikiran menggunakan hipnotis (Hypnosis) atau penyembuhan lewat alam bawah sadar. Cara ini untuk menolak rasa takut akan sesuatu atau peristiwa dengan cara memberi sugesti-sugesti lewat alam bawah sadar.
2. Flooding Exposur Treatment
Cara ini memberi rangsangan ekstrem pada penderita, Misalnya seseorang dengan penderita Fobia air akan dimasukan kedalam air yang tenang hingga rasa takutnya tersebut hilang.
3. Desentisasi sistematis
Cara ini memeberi rangsangan ringan pada penderita Fobia. Misalnya seseorang dengan fobia air disuruh dalam keadaan rileks dan membayangkan berada pada kolam berada pada kolam berisi air sejuk berisi ikan-ikan yang bagus didalamnya sehingga penderita tidak takut lagi dengan air.
4. Abreaksi
Cara ini memberi rangsangan sistematis terhadap penderita fobia. misalnya pada penderita fobia air, si penderita di biasakan melihat gambar objek air dalam jumlah yang banyak, setelah terbiasa selanjutnya di lihatkanpada objek air  yang sesungguhnya dari jaug lalu semakin dekat dan jika tidak ada kendala maka dapat dilanjutkan dengan menceburkan penderita pada kubangan air tersebut..
5. Reframing
Cara ini memberi terapi berupa metode khusus untuk membayangkan kejadian sebelum penderita mengalami ketakutan tertentu yang menyebabkan fobia. hal ini ditujukan agar si penderita menjadi manusia yang baru dan dibangun karakternya agar terhindar dari rasa takutnya tersebut.


so, don't be afraid to Phobia :DD

0 komentar:

Posting Komentar

silahkaann ikut meramaikan.. :)

please search :)

it's about me :

Foto saya
dephii .. an ordinary girl :) wanna be a special girl ..

Looking :)

followers

Diberdayakan oleh Blogger.